logo-mini

RAGAM KARAKTER KAIN GORDEN

Share

RAGAM KARAKTER KAIN GORDEN

Diperhatikan tapi terkadang tidak terlalu diperhatikan, tetap saja kehadiran gorden pada hunian memerlukan sentuhan tangan karakter pemilik rumah. Penggunaan gorden bukan menjadi barang wajib namun membantu memberikan batas pada ruang dengan pintu, jendela dan dinding bermaterial tertentu. Fungsi utama gorden memberikan ruang privasi sekaligus membantu mengatur cahaya matahari. Jika dari sisi seni atau kreatifitas kehadiran model, karakter dan tekstur grden bergantung pada sang pemilik rumah.

Rumah dengan pintu, jendela, dinding kaca cenderung menggunakan gorden untuk memberikan privasi penghuninya. Membantu mengatur pencahayaan dan keamanan dalam ruangan. Gorden juga dapat memberikan perlindungan dari debu, kotoran atau hewan yang dapat bisa saja menerobos masuk tanpa kita sadari. Gorden dapat menjadi interior sederhana atau mewah yang dapat memberikan tampilan biasa atau menarik tergantung pada bagaimana kita memilih material dan desainnya.

Meskipun bukan menjadi interior yang sering diutamakan pada hunian, gorden dapat menjadi pemanis penutup pada sebuah ruangan. Agar kamu tak termakan rayuan manis penjual gorden, ketahui hal dasar dari kain gorden mulai dari ragam material, tekstur dan karakter dari kain gorden yang akan kamu gunakan.

Kain Voile

Meski masih cukup jarang menjadi material pilihan untuk gorden, namun jenis kain satu ini dapat menjadi salah satu pilihan teratas untuk gorden ruangan rumah kamu. Kain voile memiliki tekstur lembut dengan bobot yang ringan, karakter kainnya adem dan tidak mudah menyerap panas sehingga dapat membantu mengatur suhu ruangan.

Kain Blackout

Memiliki karakter tebal dengan serat kain yang sangat rapat sehingga mampu menahan cahaya yang masuk atau keluar ruangan. Gorden yang menggunakan kain ini memang dirancang dengan fokus utama sebagai pemblokir cahaya matahari ataupun lampu, kemampuan menahan cahaya cukup baik hingga 80%. Meskipun terlihatkaku tapi tekstur kain blackout lembut, halus, fleksibel sehingga mudah dibentuk serta dijahit dan pastinya mudah untuk dibersihkan. Jenis kain gorden satu ini juga cocok digunakan sebagai partisi ruangan.

Kain Poliester

Jenis material kain satu ini sering dijumpai digunakan pada pakaian musim dingin, pakaian gunung atau baju olahraga, karena seratnya yang kuat serta sifatnya yang baik dalam menahan suhu panas tubuh. Daya tahan kain polyester kuat tahan lama, harga yang masih terjangkau dengan perawatan mudah. Tekstur kainnya juga tidak mudah kusut, menyusut atau merenggang alias molor, namun hindari penggunaan kain gorden ini pada area dapur karena sifatnya mudah terbakar.

Kain Brokat

Penggunaanya juga mudah dijumpai pada pakain terutama pada pakaian tradisional. Kain ini biasa dikombinasikan dengan jenis kain gorden yang lebih tebal, dengan posisi kain brokat sebagai lapisan kedua. Digunakan ketika menginginkan cahaya masih dapat masuk dalam rumah namun tidak membuat ruangan panas. Udara atau angina juga dapat masuk melalui serat kain yang longgar, dan pastinya masih dapat memberikan sedikit privasi pada ruangan. Kamu dapat menggunakan kain brokat sebagai lapisan utama namun pastikan digunakan pada ruangan yang tidak dilewati orang luar.

Kain Katun

Bahan utama kain ini adalah serat kapas yang membuat sifat kain katun mudah untuk dibentuk. Harganya yang terjangkau dengan tekstur halus, lembut cocok pada ruangan dengan kesan tenang. Jika memilih kain katun untuk gorden rumah perhatikan kerapatan serat kain, pilih tenunan yang rapat jika digunakan untuk membantu menghalangi cahaya.

Kain Chenille

Teksturnya tebal dengan bobot yang cenderung berat namun serasi untuk tampilan rumah bernuansa klasik, dengan sentuhan kain lembut dan halus. Kain gorden satu ini juga tahan lama tidak mudah sobek atau rusak karena goresan karena serat kain yang rapat. Material kain ini banyak juga digunakan sebagai bahan pelais penutup sofa, namun untuk membersihkannya perlu kiat ekstra karena tidak tahan terhadap noda.

Kain Sutra

Material satu ini menjadi saah satu yang terkenal pada jenis kain untuk produk apapun, meskipun harganya tergolong mahal namun tak dapat dipungkiri kain sutra memberikan tampilan elegan dan mewah yang alami. Tekstur kain ini juga lembut dan halus sehingga coock untuk ruangan atau kamar tidur utama pada rumah. Untuk penggunaan kain sutra kamu perlu perhatian khusus karena jenis kain ini tidak bersahabat dengan sinar matahari langsung. Kamu perlu lapisan kedua pada gorden atau menggunakan roller blind dengan warna yang lebih terang. Jika ingin sutra dengan harga cukup terjangkau kamu dapat memilih sutra sintesis.

Kain Beludru

Jenis material kain lainnya dengan tampilan mewah dan elegan adalah kain beludru. Sama seperti pada sutra penggunaan kain beludur pada berbagai produk memberikan tampilan mewah dengn karakter beludru yang khas. Karakter kain beludru yaitu tebal dan berat namun sangat baik untuk menghalangi udara dan angina dingin, menahan dari tembusan cahaya dan membantu meredam suara.


Leave a Comment