logo-mini

FURNITURE BERBAHAN MATERIAL BEKAS

Share

FURNITURE BERBAHAN MATERIAL BEKAS

Kampanye ramah lingkungan dengan lebih bijak dalam mengolah sampah masih menjadi pekerjaan rumah yang panjang. Di beberapa wilayah seperti gerakan bijak memilah dan mengolah sampah sudah mulai berjalan dengan baik, meskipun secara pengolahan sampah belum sepenuhnya efektif. Data Kementrian Lingkungan Hidup dan Perhutanan (KLHK) per tahun 2022 volume sampah mencapai 70 juta ton, dimana 24% atau sekitar 16 juta ton sampah masih belum dikelola. Hanya 7% sampah yang terdaur ulang, sedangkan 69% sisanya masuk TPA.

Pengolahan sampah memang bukan persolan yang dapat diselesaikan secara instan. Kesadaran dan pengetahuan yang baik dari semua anggota masyarakat menjadi poin utama. Pada beberapa bidang, kreatifitas menjadi kunci yang membantu masyarakat mengembangkan program mandiri pengolahan sampah. Seperti limbah makanan dijadikan usaha desa dalam bentuk produk pupuk, limbah kayu dan ranting sebagai produk interior rumah atau furniture kecil. Meskipun beberapa bentuk daur ulang tersebut belum ada pengoptimalan lanjutan dari produk yang dihasilkan.

Berkreasi dengan bahan lama atau sampah daur ulang menjadi furniture atau kerajinan dapat memberikan ide baru yang estetik pada hunian. Kamu juga dapat membuat furniture atau hiasan interior lebih fleksibel sesuai selera dan keunikan yang kamu inginkan. Namun pastikan kondisi barang bekas tersebut masih dapat dimanfaatkan secara sebagian kecil atau besar. Beberapa inspirasi furniture daur ulang yang dapat kamu masukan dalam list furniture.

 

Kursi Besi Feat Sampah Plastik

Dalam mengolah sampah plastik pstikan memilah warna dan jenis plastik, karena setiap jenis plastikmemiliki titik leleh dan daya tahan yang berbeda. Jenis plastik yang dapat diolah menjadi material baru adalah plastik HDPE (High Density Polyethylene). Langkah mengolah sampah plastik setelah memilah jenis dan warna maka buat menjadi potongan kecil. Lelehkan potongan kecil plastik pada wadah metal yang tahan panas, gunakan mentega pada wadah agar tidak lengket. Pres lelehan plastik dengan mesin press pengolahan plastik, untuk menghilangkan sisa udara dan membuatnya menjadi bentuk lempengan yang mudah digunakan.

Kursi rangka besi atau stainless steel seperti bentuk bangku sekolah dapat kamu upgrade dengan paduan lempengan hasil mengolah sampah plastik. Potong bagian rangka sandaran tangan dan papan sandaran punggung. Gunakan potongan rangka untuk membentuk meja kecil yang menyambung antar bangku. Dapat juga kamu gunakan sebagia penguat pondasi kaki kursi. Untuk papan sandaran punggung dapat kamu ganti menggunakan lempengan plastik, ubah sedikit bentuk, ketinggian dan ukuran rangka sandaran punggung agar memiliki desain yang berbeda. Sebagai alas meja kecil yang dibuat ditengah kursi juga dapat menggunakan lempengan plastik. Meskipun kursi dan meja menjadi satu dengan model tersebut, namun desain tersebut cocok untuk ruang santai atau bangku taman.

 

 Kayu Palet  Serba Bisa

Kayu palet sudah dikenal banyak pengerajin furniture kreatif, terutama yang menggunakan material daur ulang. Produk baru dari kayu palet banyak dijumpai pada furniture meja formal atau santai, sofa dan kursi santai. Bentuk dan bahan palet dari kayu memang mudah dibuat ulang menjadi bentuk baru, serta cocok dikombinasikan dengan material lain. Bahan dasar utama tentu saja kayu, maka dari itu sangat penting memilih kayu palet bekas dengan kondisi cukup baik. Setidaknya kamu dapat memperbaiki dan menggunakan sebagain atau keseluruhan sisa kayu palet untuk ditingkatakan kualitasnya.

Nilai lebih dari meja, sofa atau kursi kayu palet adalah ruang penyimpanan. Karena kayu palet sendiri memiliki rongga atau ruang pada bentuk rangkanya, jika ditumpuk dapat membangun ruang penyimpanan yang lebih optimal. Jika menginkan ruang penyimpanan kayu palet yang besar, kamu dapat merubah bentuk dan ketinggian kayu palet sesuai kebutuhan.

Kayu palet memiliki ketinggian yang cenderung rendah, sedangkan untuk meja formal estetik modern atau santai setidaknya kamu membutuhkan beberapa tumbupan kayu palet. Pada meja santai kamu dapat menggunakan minimal 2 kayu palet dengan kombinasi warna kayu gelap, putih atau abu-abu dengan dasar meja papan kayu atau kaca. Meja dengan ketinggian ini cocok untuk ruang santai lesehan atau tanpa kursi, namun dapat kamu percantik dengan sofa atau kursi lantai.

Kayu palet untuk sofa pastinya perlu kamu kombinasikan dengan alas duduk material busa agar tak kalah nyaman dengan sofa umumnya. Model sederhan sofa palet kayu yaitu hanya dengan menumpuk beberapa kayu palet sesuai dengan tinggi yang kamu inginkan. Warnai kayu sesuai konsep interior atau cat dinding. Kuatkan tumpukan kayu palet dengan paku agar lebih aman. Letakan bantalan busa dengan tebal 10cm lengkap dengan sarung busa dengan warna yang cocok. Percantik dengan beberapa bantalan sofa paduan bentuk persegi dengan persegi panjang, atau bentuk persegi dengan lingkaran. Model simple ini cocok diletakan pada sudut ruangan santai atau kamar tidur dekat dengan jendela.

Kamu juga dapat mengubah dengan memotong dan mengatur tumpukan kayu palet menjadi bentuk yang lebih asimetris namun estetik. Cara ini dapat kamu terapkan pada meja santai atau bahkan meja formal seperti meja kerja pada kantor. Tampilan yang kreatif dapat memberikan nuansa baru pada ruang kerjamu. Kayu paletterbentuk dari penggabungan papan kayu dengan ukuran yang sama. Kamu dapat membongkar setiap papan kayu dan merubahnya menjadi kursi santai, seperti kursi pantai lengkap dengan sandaran punggung dan kaki.

 

Bekas Gulungan Kabel

Bentuk gulungan kabel seperti meja bundar yang seimbang, karena kedua sisi bentuk lingkaran yang simetris sehingga jika diposisikan berdiri dapat menyerupai meja atau kursi bundar. Menggunakan bekas gulungan kabel tdak memerlukan perubahan yang terlalu besar, pastikan kualitasnya masih dapat digunakan untuk kursi atau meja. Kamu cukup memoles ulang warna dan memberikan lapisan peindung sesuai materialnya. Sentuhan akhir kamu hanya perlu melengkapinya dengan bantalan duduk yang empuk dan nyaman. Agar lebih cantik gunakan sarung bantalan duduk dengan kain motif dan hiasan renda kecil.

 

Bathtub Sofa

Barang bekas satu ini mungkin terkadang sulit didapat, namun siapa sangka dapat diadur ulang menjadi sofa yang sangat estetik. Kamu hanya perlu membuka atau membongkar salah satu sisi bathtub yang berukuran panjang, kuncinya dengan rapi dan kemudian diperhalus agar tidak melukai jika digunakan. Karena rata-rata materialnya berbahan semen, marmer, batu, atau material padat yang sulit dibelah manual, mintalah bantuan tukang yang lebih profesional. Warnai ulang bathtub agar terlihat lebih bersih dan baru. Letakan bantalan busa menyesuaikan kedalaman sisa bathtub yang telah dipotong. Gunakan sarung bantalan sofa bermotif agar menampilkan kesan menonjol. Pilih bantal sofa dengan ukuran sedang dan tempatkan pada salah satu sisi sofa bathtub.


Leave a Comment