logo-mini

REFERENSI 3 MATERIAL PARTISI MINIMALIS

Share

REFERENSI 3 MATERIAL PARTISI MINIMALIS

Partisi ruangan berfungsi sebagai sekat atau pembatas antar ruangan, memberikan privasi pada ruangan lainnya namun cenderung memberikan bantuan kesan tampilan yang masih luas. Penggunaannya juga dapat sebagai interior desain yang dapat mempercantik dan mempermanis estetika interior rumah. Partisi dapat menjadi pilihan alternative yang estetik sebagai sekat ruangan selain tembok. Penggunaanya juga dapat lebih mudah dipindahkan atau diubah sesuai model pilihan dan material yang digunakan.

Model partisi dapat disesuaikan dengan konsep interior hunian atau sekedar pada desain yang diinginkan. Bentuk minimalis dapat lebih mudah dicocokan dengan segala konsep dan ukuran hunian. Selain model, pilihan material juga dapat menentukan kesan tampilan dari model partisi yang dipilih. Beberapa ide partisi minimalis yang dapat menjadi tambahan refrensi bagi kamu yang ingin menggunakannya.

 

Partisi Material Kayu

Material favorit banyak umat satu ini memang menjadi referensi pertama pada berbagai furniture hunian, begitu juga dengan partisi ruangan. Pecinta konsep natural dengan kesan kalem, hangat namun tetap estetik dapat melirik beberapa ide partisi dari kayu. Hal penting yang diperhatikan yaitu kualitas kayu dan pastikan lapisan pelindung kayu dari rayap dan air. Pilih penempatan partisi kayu pada ruangan yang kering agar tak cepat lapuk atau berjamur. Kamu dapat memilih atau membuat model partisi kayu dengan sentuhan yang lebih modern meskipun minimalis.

Partisi minimalis bentuk buka tutup dapat menjadi pilihan menarik untuk segala ukuran ruangan. Dengan kayu yang dibentuk seperti papan panjang, gunakan pilihan warna yang cenderung gelap agar lebih elegan. Dengan model buka tutup dan lebih fleksibel untuk menciptakan ruang privasi saat dibutuhkan pada situasi tertentu saja. Kamu dapat memvariasi motif, ukuran, bentuk, warna dan model patisi kayu. selain buka tutup, model geser atau lipat juga dapat menjadi pilihan penggunaan partisi kayu.

Jika ukuran ruangan cenderung kecil, model partisi vertikal ukuran kecil dengan jumlah sedikit, jarak yang pas dengan sentuhan lampu hias kecil dapat menciptakan kesan luas yang hangat. Partisi kayu dengan model tatanan bentuk kubus atau asimetris juga membantu menciptakan kesan luas. Pastikan partisi tembus pandang atau tanpa penutup, sehingga aliran udara dan cahaya dapat leluasa. Jika ingin partisi multifungsi kamu dapat membuat varian partisi vertikal dengan posisi tertentu berbentuk kubus seperti rak buku. Partisi vertikal dengan sisi lebar berukuran kecil yang berjajar rapi dengan paduan rak menempel dengan tatanan simetris juga dapat berfungsi layaknya rak dinding. Agar lebih natural dan alami padukan dengan tanaman hias kecil pada partisi kayu yang memiliki area penyimpanan, serta partisi tanpa sisi tertutup.

 

Modern Dengan Kaca

Kaca dikenal membantu menciptakan kesan luas pada sebuah hunian, serta dapat kamu gunakan disemua ruangan. Partisi kaca cukup banyak digunakan terutama untuk hunian berukuran kecil. Tampilan modern yang elegan sangat cocok dihidupkan dengan bantuan partisi kaca. Meskipun dari kaca yang memiliki sifat kaku, namun banyak pilihan mdel bingkai yang bahkan dapat kamu pesan. Paduan ide bentuk asimetris pun tetap dapat kamu ciptakan pada partisi kaca. Kaca sendiri juga tak melulu bening dan polos, permukannya dapat dibuat buram, bewarna atau dengan motif favorit.

Bentuk minimalis partisi kaca vertikal seukuran tinggi ruangan dengan bingkai kayu, besi, stainless steel atau bahkan tanpa bingkai. Pada hunian apartement atau kos padukan partisi dengan rak sepatu atau lemari seukuran pinggang, dapat menjadi pilihan untuk membagi ruangan yang kecil namun menghadirkan kesan luas. Partisi kaca bentuk kubus tanpa penutup dengan sentuhan minimalis dapat di upgrade agar tak terkesan membosankan. Gunakan tiang baja, besi atau material kuat lainnya sebagai tiang penyangga utama.

Letakkan kubus kaca seimbang dibagian tengah tiang berjajar vertical. Untuk huniah sempit kamu dapat menggunakan dua tiang dengan masing-masing tiga kubus kaca, sedangkan ruang besar gunakan tiga tiang atau lebih sesuai kebutuhan. Pada salah satu tiang bagian urutan kubus kaca tengah, sisipkan televisi atau tanaman hias menjalar agar tak berkesan monoton. Kubus kaca juga dapat kamu gunakan sebagai area penyimpanan barang yang ringan.

Material kaca dan kayu juga dapat menjadi modern, unik namun tetap nuansa natural dengan ide kreatif. Berikan motif siluet pohon warna gelap pada kaca, tempatkan ruang untuk rak dengan ukuran sesuai selera. Gunakan kayu sebagai bingkai kaca dengan ukuran cukup tebal, kamu dapat membuat ukuran partisi ini sesuai tinggi ruangan. Pastikan rak tidak tertutup sehingga senada dengan kaca yang tembus pandang. Letakkan tanaman hias pada rak, makan partisi kaca modern, estetik, elegan yang natura dapat mempercantik ruang hunian kamu.

 

Besi Hollow

Salah satu karakter besi hollor yaitu mudah dibentuk dan dipasang, sehingga cocok untuk segala bentuk ide kreatif kamu. Salah satu bentuk minimalis, modern dengan paduan elemen tanaman pada partisi besi hollow yaitu bentuk rangka. Lemari dengan rangka besi hollow dibadukan kotak kayu pada beberapa bagian isi kerangka sebagai area penyimpanan atau tanaman. Padua ini sangat cocok diterapkan pada rumah modern atau rumah minimalis dengan kesan elegan.

Jika kamu memiliki tema hunian satu ruangan tunggal utama yang besar, model partisi dari rangka besi hollow yang membagi ruangan menjadi beberapa area dapat menjadi pilihan menarik. Bentuk besi hollow seperti kerangka lemari namun tidak berdimensi atau tidak terdapat ruang. Gunakan rangka tersebut layaknya tembok yang membagi ruang-ruang dalam hunian seperti kamar, ruang santai, dan area kerja. Meskipun seperti tembok namun desainnya tak kaku dan membuat ruangan pengap atau sempit. Karena berupa rangka sinar matahari atau cahaya dan udara akan tersebar rata pada ruangan.

Bentuk besi hollow dengan ukuran ketebalan tipis seperti papan kayu berukuran kecil dengan bentuk vertical juga tetap menarik untuk dipilih. Warnai besi hollow senada dengan warna ruangan. Gunakan jarak antar besi yang teratur atau acak namun tetap simetris. Partisi besi hollow dengan corak memberikan kesan lebih santai yang modern. Kamu dapat membuat dan menata besi hollow layaknya tali yang menopang papan kayu atau kaca sebagai sebuah partisi.

 

 


Leave a Comment