logo-mini

MENCOBA BERBEDA DENGAN PLAFON UNTUK HUNIAN

Share

MENCOBA BERBEDA DENGAN PLAFON UNTUK HUNIAN

Terdapat beberapa jenis material plafon dan tipe plafon yang umum digunakan untuk hunian atau rumah tinggal keluarga. Seperti material plafon triplek, kayu, gypsum atau Glassfiber Reinforced Cement (GRC) dengan dipadukan pada tipe plafon seperti tray ceiling atau plafon datar. Pada bangunan besar bertingkat yang difungsikan selain sebagai hunian, terkadang memilih menggunakan jenis material plafon selain yang biasa digunakan pada hunian. Meskipun tak menutup kemungkinan pada hunia biasa menggunakan jenis material plafon yang tak terlalu umum.

 

Bangunan tertentu terkadang memperlukan jenis material plafon yang memiliki nilai lebih dari sisi fungsi dan manfaat. Seperti pada bangunan bertingkat untuk perkantoran dan gedung bioskop yang memperlukan material palfon kedap suara. Dapat juga seperti pada bangunan rumah sakit yang memperlukan material plafon tahan api dan air namun aman untuk lingkungan rumah sakit. Pada bangunan yang bersifat umum diperhatikan juga nilai estetika dari tampilan material plafon. Meskipun hunian hanya digunakan untuk anggota keluarga namun tak ada salahnya jika mencoba berkreasi dengan material plafon yang lain.

 

Material PVC

Penggunaan material PVC paling umum kita jumpai di rumah sakit, bank, kantor atau beberapa sekolah. Material dasar plafon PVC yaitu Polyvinyl Chloride dengan hasil keunggulan material PVC yang tahan lama dan tahan terhadap air, api serta rayap. Pengguna plafon PVC memiliki ragam pilihan warna dan motif, disisi lain plafon satu ini dikenal juga kuat dengan bobotnya yang ringan. Pembelian material plafon PVC juga tersedia dalam kondisi siap pasang, jadi tak memperlukan proses pengolahan ulang. Hanya saja kelemahan material PVC yaitu harganya yang masih tergolong mahal, serta kamu tidak dapat mengechat ulang permukaan plafon dan harus mengganti baru ketika terjadi kerusakan minor yang cukup mengganggu pandangan.

 

Material Metal

Material plafon metal memang masih jarang digunakan untuk hunian. Bahan dasarnya tentu saja dari metal atau juga baja yang melalui proses diembos dan dicetak. Jika desain yang diperlukan memperlukan ukiran khusus atau bentuk custome tertentu maka melalui tahapan tambahan serta diakhiri dengan finishing cat minyak. Plafon metal jarng digunakan unutk hunian dikarenakan harganya yang mahal dengan bobotnya yang berat. Namun tak ada salahnya mencoba menggunakan plafon metal pada hunian karena memberikan kesan estetik yang keren dan modern tapi punya sisi elegan. Dan yang pasti material plafon metal memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap air, api dan tentunya rayap.

 

Material Akustik

Kelebihan utama material akustik yaitu perannya sebagai peredam suara yang efektif. Terbuat dari bahan dasar serat mineral rockwool dengan fungsi utama material dasar ini meredam suara. Palfon akustik memang masih jarang dijumpai untuk bangunan hunian, jika untuk hunian ditemukan pada rumah yang memiliki ruang tertentu dengan intensitas kebisingan suara yang tinggi, seperti studio musik pribadi. Umumnya material plafon ini dijumpai pada ruang rapat, aula, gedung pertunjukan, bioskop, hotel dan studio rekaman musik. Karakter plafon akustik berbobot ringan yang cukup fleksibel karena dapat dipasang pada rangka kayu atau metal. Meskipun berbobot ringan plafon satu ini relative anti jebol dan pengerjaannya yang mudah dan cepat. Tampilan indah dari estetika plafon akustik menciptakan kesan mewah modern pada ruangan. Sayangnya plafon akustik kurang cukup tahan air, masih terbilang mahal dan untuk mendapatkannya juga cukup terbatas atau sulit.

 

Material Kalsiboard

Berbahan dasar utama campuran material pasir silica, serat selulosa dan semen dengan proses dicampur ketika diolah, dikeringkan dalam temperature suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Plafon kalsiboard memiliki ragam ketebalan yang membaginya dalam berbagai jenis, seperti jenis kalsiclad  yang digunakan untuk luar rumah. Sedangkan jenis kalsiboard yang digunakan untuk plafon yaitu kalsirata dan kalsiboard ling. Bentuk kasliboard berupa lembaran tipis yang mudah untuk dipasang. Tampilan sambungan menggunakan kalsiboard terlihat rapi karena tampak sama rata dengan permuakaan lembaran papan.

 

Plafon kasiboard salah satu material plafon yang sangat disarankan untuk kamu lirik, keunggulan bisa dikatakan paket lengkap untuk sebuah produk. Memiliki daya tahan yang baik karena tidak mudah berjamur, tahan tehadap air dan rayap, sehingga masa gunanya yang panjang. Dapat bertahan bertahun-tahun dengan kerusakan yang minim, , kamu juga dapat menghemat biaya untuk perawatannya. Kalsiboard juga memiliki daya tahan terhadap api yang tinggi, perlu waktu lama untuk material ini terbakar sehingga memberikan jaminan keamanan pada rumah ketika kebakaran. Kandungan material dasar kalsiboard aman untuk lingkungan dan kesehatan, berbeda dengan material dasar pada asbes. Sifat kalsiboard lentur namun kuat, sehingga sangat cocok digunakan untuk membentuk tipe palfon apapun yang kamu inginkan.


Leave a Comment