logo-mini

BERGAYA DENGAN TIPE PLAFON

Share

BERGAYA DENGAN TIPE PLAFON

Memoles atap rumah bagian dalam menggunakan plafon bukan hanya berfokus pada material plafon yang dipilih, tapi kamu juga dapat berkreasi dengan tipe tampilan plafon. Bukan hanya material plafon yang dapat mempengaruhi nuansa sebuah ruangan, namun pemilihan tipe atau jenis plafon juga menjadi faktor besar yang terlihat. Maka dari itu kenali karakter ruangan, konsep ruangan, tipe, material, harga serta cara pemasangan plafon yang dipilih.

 

Tipe atau jenis plafon yang berbeda menampilkan kesan langsung yang sangat berbeda pada sebuah ruangan. Tipe plafon yang umum dijumpai yaitu jenis plafon tampilan datar dengan warna netral putih. Plafon tipe datar umumnya memasang lembaran plafon dengan ketinggian minimum sebuah ruangan. Dengan jenis pemasangan yang sederhana memudahkan perawatan pafon terutama dalam pergantian warna atau ketika terjadi kerusakan. Tipe atau jenis plafon yang dapat kamu jadikan refrensi pilihan.

 

Tipe Tray Ceiling

Tipe plafon ini berpenampilan seperti kaki yang terbalik, dimana bagian tengah lebih tinggi atau membentuk cekungan dalam bentuk persegi, persegi panjang, lingkaran atau kombinasi bentuk sesuai konsep. Pada ruangan sempit plafon ini sangat pas digunakan karena memberikan kesan lapang, luas dan tinggi serta memberikan sisi detail ruangan. Untuk memaksimalkan tipe plafon ini kamu dapat menambahkan detail plafon menggunakan lampu.

 

Pasang lampu dengan warna tenang atau dingin sesuai konsep ruangan pada bagian tepi atau sisi plafon yang mencekung atau lebih tingi, cara ini digunakan untuk menampilkan kesan dimensi. Menciptakan detail lain, kamu dapat menggunakan permainan wana. Berikan warna yang berbeda pada bagian cekung yang lebih tinggi dari sisi lainnya, pada bagian yang lebih rendah dapat juga diberikan ukiran dengan warna yang lebih lembut atau netral. Perbedaan warna pada sisi tinggi dan rendahnya plafon menciptakan kesan tegas pada bentuk tipe plafon tray ceiling.

 

Tipe Coffered Atau Grid Ceiling

Pada ruangan dengan konsep minimalis atau minim dekorasi pemilihan tipe plafon ini sangat tepat. Tipe plafon ini biasanya terbuat dari plafon bermaterial kayu, kaca, atau metal. Sesuai dengan dengan namanya berbentuk kisi-kisi atau seperti pola wafer. Meskipun cocok digunakan untuk ruang minimalis atau minim dekorasi, pemilihan tipe plafon coffered menampilakn kesan klasik, elegan dan mewah. Terutama penggunaan tata cahaya perpaduan lampu utama dan pendukung pada panel-panelnya. Panel atau kisi tengah sangat cocok untuk pemasangan lampu gantung atau chandelier. Sedangkan sisi lain panel atau kisi tempatkan lampus downlight atau cahaya redup untuk mendukung sorotan pada panel dan lampu utama.

 

Tipe Kubah

Hunian atau gedung dengan ukuran luas yang seimbang sangat cocok menggunakan tipe plafon kubah, terutama pada ruangan yang dapat dianggap central pada bangunan tersebut. Bangunan dengan plafon tipe kubah sangat menonjolkan kesan klasik yang masih cocok pada masa kini. Plafon kubah dapat menampilkan kesan megah dan mewah karena bentuknya yang tinggi dan cenderung digunakan pada bangunan dengan langit-langit tinggi. Untuk kesan modern dapat dipilih material plafon kaca yang dipadukan denga rangka Lafon berbahan besi atau logam, sehingga semakin menciptakan kesan kekinian. Agar plafon tipe kubah semakin mempesona dengan nuansa mewahnya, gunakan pilihan warna yang menampilkan sisi megah, dapat juga gunakan ukiran pada tepian kubah, memberikan gambar atau lukisan dapat menjadi detail pada kubah.

 

Tipe Busur

jika menginginkan tipe plafon yang menampilkan kesan estetik dramatis pada ruangan, plafon tipe busur dapat menjadi pilihan. Bentuknya yang memang serupa bentuk busur menjadi menonjol dibandingkan dinding maupun lantai ruangan. Sangat cocok digunakan untuk ruangan dengan bentuk memanjang, dengan material plafon yang cocok yaitu gypsum dengan karakternya yang fleksibel. Kamu juga dapat mengkombinasikan tipe plafon ini dengan tipe plafon transparan.

 

Tipe Balok Atau Rangka Atap Terbuka

Sesuai dengan namanya tipe plafon satu ini ikut menonjolkan nilai sebuah balok rangka atap yang berdimensi besar sebagai poin utama dibandingkan material plafon yang digunakan.  Gaya rustic dan industrial sangat cocok menggunakan tipe plafon balok, dan untuk menonjolkan rangka balok penggunaan warna netral atau polos digunakan pada material plafon yang digunakan menutup bagian atap lainnya. bukan hanya rangka balok berdimensi besar yang dapat ditonjolkan pada tipe plafon satu ini, namun bagian kuda-kuda, usuk dan reng juga dapat menjadi poin sorotan tipe plafon ini. Jika rumah dirasa tidak memiliki rangka yang terlihat sesuai untuk diekspos, maka dapat digunakan balok palsu yang dipasang khusus untuk menciptakan efek plafon balok.

 

Tipe Transparan

Ruangan dengan konsep semi terbuka biasanya memanfaatkan fungsi tipe plafon transparan. Menggunakan kaca tebal yang aman untuk memaksimalkan sumber cahaya alami. Ruangan seperti rumah kaca, taman indoor, ruang santai bahkan kamar mandi juga dapat cocok menggunakan tipe plafon transparan. Kesan terbuka, stylish dan modern menjadi kunci nuansa utama dari ruangan berplafon transparan. Pemilihan material rangka atap untuk plafon transparan juga dapat membantu menonjolkan kesan modern atau perpaduan semi modern.

 

Plafon Gantung

Ketika memilih menggunakan tipe plafon gantung lebih baik gunakan pada ruangan yang tinggi. Kelebihan plafon gantung dapat digunakan bersamaan dengan tipe plafon lain, dapat digunakan untuk menutupi tipe plafon lain dengan tujuan tertentu. Seperti plafon lama yang rusak atau sudah tidak menarik. Maka dari itu diperlukan ruangan yang tinggi agar tinggi ruangan tidak terlalu terdampak akibat penggunaan dua tipe plafon. Plaofn gantung umumnya berangka besi dengan material plafon akustik berbobot ringan, dapat juga dengan plafon gypsum.

 

Sama fungsinya dengan tipe plafon lain yang dapat digunakan untuk merapikan tampilan atap dari kabel-kabel listrik atau instalasi lainnya. Dengan memilih tipe plafon gantung kelebihan lainnya yaitu lebih mudah untuk merawat dan menjangkau instalasi mekanikal yang tersembunyi dibalik plafon. Karena sifat palfon ini bukan menempel langsung pada rangka plafon, sehingga masih ada space untuk menjangkau area dalam plafon.


Leave a Comment