logo-mini

PLAFON SEBAGAI PERIAS ATAP RUMAH BAGIAN DALAM

Share

PLAFON SEBAGAI PERIAS ATAP RUMAH BAGIAN DALAM

Secara sederhana rumah dapat dilihat lengkap ketika terdapat lantai, dinding dan atap. Rumah lengkap dengan sisi cantik tentunya dengan tambahan detail-detail riasan pada rumah. Seperti, kehadiran plafon yang berperan menjadi riasan penghalus atap rumah. Kehadiran plafon rumah bukan hanya sekedar merapikan tampilan atap bagian dalam ruamah. Peran utama plafon sebagai penahan kotoran dari atap atau celah genteng, penghalang percikan air yang melewati celah genteng, membantu mengurangi panas sinar matahari yang diserap atap bagian luar.

 

Pemasangan plafon juga menciptakan tampilan rapi pada area atap, menjadi penutup atau pembatas ruangan atap yang kemungkinan sebagai tempat pemasangan kabel listrik atau pipa mechanical. Pada ruangan dengan fungsi khusus plafon dengan bahan tertentu dapat berfungsi sebagai peredam suara. Jenis, material dan bentuk rangka plafon juga dapat dibuat sekreatif mungkin, sesuai dengan konsep yang ingin dihadirkan. Ketika memilih plafon perhatikan detail material, keunggulan dan warna. Serta perhatikan ketinggian plafon karena dapat mempengaruhi tampilan dan sirkulasi udara suatu ruangan.

 

Pengukuran ketinggian plafon didasarkan pada jarak antara permukaan lantai ruangan hingga sisi bawah bidang plafon. Pada hunian tempat tinggal disarankan memilih ketinggian plafon antara 3 – 3,5 meter dengan ketinggian minimal yaitu 2,5 meter. Ruangan dengan plafon tinggi memberikan sirkulasi udara yang baik dengan hawa sejuk yang lebih dominan. Sedangkan ruangan dengan plafon rendah menghadirkan nuansa yang lebih hangat namun cenderung pengap serta sesak.

 

Material Plafon Triplek

Jika kamu ingin plafon yang mudah untuk diganti dan dikreasi dengan berbagai warna, maka plafon triplek menjadi pilihan. Plafon triplek memiliki harga terjangkau, tersedia berbagai ukuran ketebalan, bobotnya tergolong ringan, fleksibel dan mudah untuk dipasang. Pemasangan plafon triplek menggunakan rangka berbahan kayu yang sesuai dengan bahan plafon ini. Namun kekurangan plafon ini tidak tahan terhadap api, paparan air yang tinggi dan batas sambungannya yang terlihat jelas.

 

Material Plafon Kayu

Bagi pecinta material kayu pastinya melirik material plafon satu ini. Terbuat dari bahan baku kayu dalam bentuk lembaran, ketebalan plafon kayu dapat disesuaikan dengan kebutuhan (custome), serat alami dari kayu juga mnejadi poin lebih dari tampilan plafon. Memiliki tampilan yang elegan, artistik, rapi dengan nuansa natural yang kental menjadi nilai yang menonjol dari material kayu, terutama dengan sentuhan finishing pelitur kayu sebagai pelindung material satu ini. Namun karena bermaterial kayu asli material plafon satu ini memiliki harga yang cenderung mahal. Disisi lain plafon kayu juga tidak tahan terhadap api, air dan rayap, sehingga diperlukan pemeriksaan berkala memastikan kualitas dan kodisi plafon kayu selalu aman.

 

Material Plafon Asbes

Material plafon asbes terbuat dari serat asbestosis dengan daya tahan cukup baik dari pada material triplek, karena cukup tahan terhadap air dan api. Harga untuk material asbes cukup terjangkau dengan pemasangan yang mudah, segingga mudah untuk dibongkar-pasang ketika perbaikan. Namun kelemahan dari material ini yaitu mudah retak atau patah dan kandungan material dasarnya dapat memicu penyakit seperti kanker..

 

Material Plafon Eternit

Berbahan dasar campuran semen dan kain perca membuat material plafon eternit tahan terhadap api dan tidak mudah lapuk akibat kelembapan atau paparan air yang tinggi. Plafon eternit juga menciptakan nuansa sejuk, dingin yang elegan. Pemasangan plafon satu ini memang sedikit rumit sehingga diperlukan kehati-hatian agar saat pemasangan tidak retak. Meskipun harganya terjangkau, agar tidak menampilkan kesan membosankan tambahkan ornamen lampu yang mendukung kesan sejuk ruangan.

 

Material Plafon Gypsum

Material ini berbahan dasar bubuk gypsum dan roving dengan tampilan warna putih. Dapat digunakan untuk hunian dengan konsep modern dan konsep minimalis, sifat materialnya juga fleksibel untuk diubah bentuk sesuai kebutuhan. Jika kamu memiliki atap rumah berupa beton, pilihan plafon gypsum tepat karena terdapat jaminan kebocoran atau paparan air rendah. Hal ini penting karena plafon gypsum memiliki karakter menyerap air. namun untuk mendapatkan material plafon gypsum mudah dengan harga yang terjangkau. Pemasangan plafon gypsum cukup mudah dengan menggunakan rangka besi hollow dengan bantuan sekrup. Ketika terjadi kerusakan kamu hanya perlu mengganti bagian yang rusak tanpa harus merubah keseluruhan bagian plafon.

 

Material Plafon GRC

Glassfiber Reinforced Cement (GRC) merupakan plafon berbahan dasar campuran serat kaca, pasir halus, polimer dan semen dengan karakter material yang luwes, namun pemasangan cukup rumit. Dari sisi harga plafon ini memang kurang ramah kantong,  namun memiliki jaminan ketahan terhadap api dan air yang sangat baik. Kamu juga dapat mendesain atau membuat bentuk plafon dalam banyak model dengan memintanya pada jasa pembuat plafon GRC. Karena pemasanga yang rumit pastikan kamu menggunakan jasa ahli pemasangan, kekurangan material plafon ini adalah retakan ketika pemasangan.


Leave a Comment