logo-mini

Mengenal jenis kayu solid

Share

Mengenal jenis kayu solid

Kayu solid ini memang mempunyai daya tarik yang tinggi untuk dijadikanya sebuah furniture, bagaimana tidak kayu solid ini memang terkenal akan struktur kepadetannya, sehingga memiliki tingkat keawetan serta ketahanan yang cukup kuat dibandingkan dengan material kayu yang lain.

Dan perlu temen-temen ketahui bahwasannya material kayu solid ini mempunyai beberapa jenis dan berikut diantaranya adalah:

  1. Kayu Mahoni

Pada umumunya kayu mahoni ini tumbuh di suatu negara yang memiliki cuaca tropois sepertihalnya Indonesia, kepamorannya sebagai material kayu yang biasa digunakan sebagai furniture tidak kalah dengan kayu jati, dikarenakan bukan hanya dari segi ketangguhan dalam ketahannya kayu mahoni ini juga memiliki sifat masa panennya yang tergolong sangat cepat ditambah memiliki diameter yang cukup besar.

Kayu mahoni ini cukup dengan umur 10 tahun, kayu mahoni dapat kita panen sebagai material olahan furniture, akan tetapi jika kayu mahoni ini digunakan sebagai bahan bangunan makan sebaiknya kayu mahoni ini dibiarkan hidup sampai dengan umur 15 tahun, dikarenakan semakain tuanya umur kayu mahoni tersebut akan semakin bagus kualitas keawetan dan ketahanannya.

Selain digunakan sebagai material olahan furniture kayu mahoni ini memiliki keunikan tersendiri bagaimana tidak? Terbukti Kayu mahoni tersebut dapat menyerap polusi udara dengan daun-daun yang dimilikinya yang nantinya diolah dan dikeluarkannya menjadi sebuah oksigen. Tidak hanya itu saja melainkan kayu mahoni ini memiliki serapan terhadap air yang sangat tinggi.

Kelebihan :

  1. Memiliki serat yang halus, sehingga mudah dalam pengecatan
  2. Kandungan minyak yang rendah
  3. Memiliki tekstur warna yang sangat elegan
  4. Tidak gampang menyusut dan berubah bentuk
  5. Dengan kelebihan tersebut memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kayu jati

Kekurangannya:

  1. Sangat mudah diserang hama
  2. Rentan dengan cuaca lembab, karena mudah berjamur.

Leave a Comment