logo-mini

jenis kayu solid (part II)

Share

jenis kayu solid (part II)

Setelah kayu mahoni, jenis kayu solid lainnya adalah Kayu jati

Kayu jati

Jenis kayu ini sangat banyak dikenal oleh kalangan masyarakat yang memiliki kecintaannya terhadap furniture, bahkan banyak yang setuju bahawasannya jenis kayu jatilah yang terbaik sebagai material olahan furniture, dikarenakan memiliki batang yang lurus serta ketahananya dalam menghadapi semua perubahan cuaca. Sehingga tidak sedikit pun orang menjadikan kayu jati sebagai primadona sebagai material olahan furniture.

Selain memiliki kelebihan kayu jati ini tentunya memiliki ciri khas yang berbeda dengan jeis kayu-kayu yang lainnya sehingga kita dapat dengan mudah untuk membedakan mana kayu jati atau yang bukan, dengan warna coklat kemerahannya tersebut akan semakin terang ketika terpapar dengan sinar matahari.

Bahkan dengan minyak yang dihasilkan oleh kayu jati ini dapat melindungi terhadap air, tidak hannya itu dengan minyak yang dihasilkan juga dapat memberikan efek cerah terhadap tekstur warna yang dimilikinya serta dengan minyak alami yang dihasilkan tersebut dapat terhindar dari rayab, bahkan jika tidak dilakukan varnish terhadap kayu jati ini tidak akan jadi maslah, diakrenakan tanpa vernishpun kayu jati akan mengkilap sendiri dengan minyak yang dihasilkannya itu.

 

Kelebihan :

  1. Memiliki kekuatan dan tahan lama
  2. Tahan terhadap perubahanc cuaca
  3. Memiliki serat yang cantik
  4. Tidak mudah penyusutan dan perubahan bentuk
  5. Tidak mudah berjamur
  6. Tahan air
  7. Terhindar dari rayap

Kekurangan:

  1. Harga yang cukup mahal
  2. Tidak cocok dengan finishing cat duco
  3. Memiliki gudal yang cukup besar

Leave a Comment