logo-mini

Mengenal material kayu MDF untuk furniture

Share

Mengenal material kayu MDF untuk furniture

Banyak yang beranggapan bahwasanya material kayu Polywood atau multipleks lebih bagus dari pada material kayu MDF dikarenakan material kayu MDF sangat gampang diserang jamur serta tidak dapat mengikat lebih kuat ketika dipaku dan diskrup.

Pada dasarnya semua bahan material kayu untuk furniture itu sendiri memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing sehingga hal ini tergantung dari kita dalam menentukan material kayu tersebut dijadikan apa dan ditempatkan dimana, dikarenakan kondisi suhu ruangan dapat mempengaruhi ketahanan untuk material kayu yang jadikan furniture itu sendiri.

Oleh karena itu kita secara tidak langsung teman-teman harus dapat memahami jenis olahan kayu tersebut sebelum menentukannya. Kembali lagi ke MDF sebenarnya MDF itu apa sih? Dan bagaimana cara menjaga material kayu MDF ini awet atau setidaknya dapat bertahan dengan jangka waktu yang cukup lama.

MDF itu sendiri merupakan material olahan kayu yang bahan dasarnya terbuat dari serpihan kayu yang telah dipadatkan dengan menggunakan lem dan lilin. MDF itu sendiri merupakan singkatan dari Medium Density Fiberboard yang memiliki artian papan serat kepadatan menengah. Material kayu MDF ini lebih unggul dari pada material kayu HDF dikarenakan kepadatan yang dimiliki oleh MDF adalah medium sehingga tidak gampang patah, beda halnya dengan HDF yang memiliki kepadatan yang sangat tinggi sehingga rentan patah. Material kayu MDF ini kita dapat menjadikan furniture seperti meja belajar, lemari, laci dan lain-lainnya

Sudah kita jelaskan diatas bahwasannya setiap material kayu apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga MDF yang memiliki kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya sendiri diantaranya adalah:

  1. Tekstur permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan material kayu Multipleks, sehingga tidak usah melalui proses penghalusan dengan amplas.
  2. Permukaanya tertutup dengan sempurna sehingga dalam proses pengecatan lebih mudah dan hasil yang lebih maksimal
  3. Memiliki daya serap suara yang cukup baik

Kekurangannya:

  1. Mudahnya terkena jamur, dikarenakan serapan air cukup tinggi untuk kayu material MDF
  2. Tidak dapat ditempatkan di ruangan yang lembab, karena akan membuat MDF tidak tahan lama.

Nah berikut diatas adalah penjelasan tentang material kayu MDF, buat temen-temen yang masih bingunng dalam menentukan desain furniture serta bahannya seperti apa, yuk konsutasikan ke Barrokah Malang Furniture, semoga bermanfaat.


Leave a Comment