logo-mini

Furniture Featuring Taman Mini

Share

Furniture Featuring Taman Mini

Mempercantik rumah tak hanya dilakukan dengan memilih dan menata perabotan atau denah rumah. Rumah dapat dipermanis dengan sentuhan taman hijau yang mampu memberikan suasana sejuk, nyaman dan tenang. Biasanya taman terlihat sangat cantik ketika memiliki luas yang cukup atau besar, karena kita dapat berkreasi secara bebas dalam memilih jenis dan ukuran tanaman serta furniture taman. Saat ini ruang masyarakat mendapat tantangan untuk dapat berpikir dan bertindak kreativ. Keadaan ini mengasilkan ide yaitu ruang gerak dengan konsep minimalis pada lahan sempit. Hal ini berlaku pada berbagai ruang aktivitas, mulai dari kantor, kafe, rumah makan, pertokoan, rumah, taman dan lainnya.

Dengan konsep pemanfaatan ruang sempit memberikan nilai unggul pada kontruksi rumah. Dimana perancang rumah dapat mengembangkan konsep pengoptimalan fungsi rumah. Konsep ini juga menguntungkan bagi perancang taman, dimana terdapat ahli taman yang berfokus untuk dapat menghidupkan rumah melalui tanaman hijau dan bunga yang menarik hati kusus pada rumah berlahan sempit atau kecil. Disaat ruang aktivitas personal yang minim hadirnya taman dipekarangan depan, dalam atau belakang rumah dapat menjadi sumber energy alam mini bagi pemiliknya. Lahan maupun perkarangan sempit atau kecil memiliki nilai tersendiri kususnya untuk area taman rumah. Di depan, dalam atau belakang rumah dimana taman mini berada dapat memberikan kesan menggemaskan, manis, hangat dan cantik. Perawatan taman minimalis juga terbilang lebih mudah dan murah, pembuatan taman mini juga tidak memakan waktu lama. Biaya untuk taman mini juga dapat lebih mudah disesuaikan, karena kita dapat lebih mudah mengelompokan pilihan jenis serta ukuran tanaman, furniture dan ornament taman yang sesuai dengan kategori lahan terbatas.

Dalam menciptakan taman minimalis yang memberikan kesan manis kita dapat bermain dengan pemilihan warna putih pada cat dinding luar rumah atau dinding yang berhubungan dengan area taman. Warna putih yang terang dan bersih bantu membangun kesan luas area taman. Jika bentuk taman memanjang sepanjang dinding rumah gunakan dek taman yang tidak tinggi hanya untuk area tempat duduk, dek dapat berbahan kayu atau batu alam. Sisa lahan gunakan untuk menata taman langsung di tanah bukan pot. Pada area tanah tempatkan pohon berukuran sedang pada sisi samping dengan ornament batu alam, padukan tanaman bunga dan tanaman hijau berdaun. Pohon buah juga cocok digunakan pada taman sempit, terutama bagi pecinta taman untuk tujuan berkebun. Dalam kegiatan menghias dapat tambahkan hiasan lampu taman yang tidak terlalu tinggi, atau tambahkan pagar yang hanya ditmpatkan di sisi samping taman.

Pada area tempat duduk tempatkan kursi dengan dasar warna putih yang dipadukan dengan warna pastel favorit pada posisi tengah. Pilih kursi dengan bahan kayu atau perpanduan kayu dan baja ringan bewarna lembut. Letakkan dua kursi ukuran satu orang atau satu kursi panjang dan meja kecil bentuk bulat manis atau kotak dengan bahan dan warna yang sama. Jika taman berada di area belakang atau dalam rumah, tambahkan ornamen bantal kursi dengan sarung bantal warna lembut dengan motif yang manis dan sederhana. Pilih pot dengan tanaman bunga berbentuk bulat bewarna lembut ukuran kecil atau sedang di dekat kursi dan pot kecil tanaman hidup pada meja taman. Apabila taman difungsika untuk tempat melakukan hobi, letakkan rak kecil atau sedang sebagai tempat peralatan dan perlengkan untuk menghabiskan waktu dengan melalukan hobi.

Memiliki taman bukan berarti memiliki cukup waktu ekstra dalam hal perawatan, terutama dalam membasmi rumput liar. Untuk hal ini kita dapat memilih pot bunga dan tanaman pohon sebagai jalan keluar. Dengan mencampur pilihan ukuran pot kita dapat memperbanyak pilihan jenis tanaman. Dalam penggunaan pot bunga kita juga lebih bebas berkreasi dalam pemilihan bahan pot. Kamu dapat mencampur dan mempadu-padakan segala jenis bahan pot. Mulai dari tembikar, porselin, plastik, kayu, seng, kaca atau perabotan daur ulang. Karena lahan sempit manfaatkan rak untuk tanaman atau bentuk lantai taman. Perbedaan penggunaan bentuk lantai taman juga berpengaruh pada seberapa banyak pot yang dapat diletakkan. Pada lantai datar kita bermain dengan penataan posisi pot yang dipadukan dengan ukuran pot. Letakkan kursi kayu atau berbahan stainlees steel pada area tengah atau salah satu sisi. Posisikan kursi saling barhadapan, jika hanyak menggunakan satu kursi letakkan meja di sisi depan kursi. Pilih warna alami kayu atau stainless steel, atau pilih warna-warna alam untuk bahan furniture kayu. Gunakan bentuk lantai loft atau berundak untuk memberikan kesan penuh pada penempatan tanaman. Atur ukuran dan besar kecilnya tanaman ketika menggunakan bentuk lantai loft. Gunakan lantai dengan bahan dasar paduan batu kecil dan semen, ubin dari olahan batu alam, kayu atau keramik kusus outdoor.

Untuk menghadirkan taman dengan konsep utama yaitu kesan luas, dapat menggunakan cermin dengan panjang sesuai ukuran salah satu sisi taman. Manfaatkan salah satu sisi dinding taman untuk meletakkan tanaman merambat atau pot dinding dengan tanaman menggantung. Letakkan dua pohon ukuran sedang atau cukup tinggi dikedua sisi. Gunakan dinding berbahan batu bata merah atau batu alam dan letakkan satu kursi panjang ditengah pohon. Hiasi sisa lahan dengan pot tanaman atau tanaman yang langsung ditanaman ditanah sejajar dengan pohon. Dengan hanya memanfaatkan satu sisi dinding taman kamu dapat menggunakan sisa lahan untuk beraktivitas. Tanami dengan rumput pendek kusus untuk area aktivitas, atau kosongkan dengan pilihan lantai berbahan kayu untuk menempatkan kursi dan meja taman, dengan ini satu dinding taman sepenuhnya dapat diisi dengan tanaman dan bunga.

Apabila ingin taman yang sejuk namun minim atribut maka pilih jenis tanaman pohon berdaun cukup rimbun dengan ukuran minimal sedang. Gunakan tanaman berdaun hijau dengan ukuran sedang dan beberapa pot bunga ukuran kecil atau patung untuk mempercantik. Dapat pula menggunakan rak dinding untuk bunga yang menggantung dari pada menggunakan pot kecil. Sehingga dinding memiliki kesan hidup dan tidak membosankan. Dengan meminimalisir jumlah tanaman namun memilih tanaman dengan ukuran sedang kesan sejuk tetap dapat tercipta. Sisa lahan dapat digunakan untuk meletakkan jumlah kursi lebih dari dua, atau bahkan meja dengan ukuran lebih panjang. Mainnkan pilihan warna dan jenis bahan furniture yang beragam sesuai dengan keinginan. Tidak perlu kuatir dengan perbedaan warna, bentuk, ukuran dan jenis bahan baku, justu dengan ini taman yang sedikit memiliki tanaman dapat terkesan lebih hidup.


Leave a Comment