logo-mini

MAKSIMALKAN RUANG BAWAH TANGGA

Share

MAKSIMALKAN RUANG BAWAH TANGGA

Pada umumnya ruang bawah tangga dimanfaatkan sebagai area penyimpanan tambahan, cenderung menempatkan beragam benda yang hanya ditata serapi mungkin. Untuk memberikan kesan lebih rapi biasanya akan didesain lemari yang mengikuti bentuk ruang pada area bawah tangga, sehingga benda dapat disimpan rapi dalam lemari berpintu. Membuat lemari bawah tangga merupakan cara termudah dan efisien untuk memaksimalkan ruang bawah tangga. Fungsi penyimpanan pada ruang bawah tangga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sebagai gudang penyimpanan atau lemari penyimpanan peralatan kebutuhan harian. Ketika berkreasi dengan area bawah tangga lebih mudah menyesuaikan dengan lokasi tangga berada.

Lokasi tangga pada rumah beragam sesuai dengan bentuk rumah, pada tangga yang berada dekat dengan area masak dapat dimaksimalan menjadi bagian dari kitchen set. Dengan menempatkan lemari untuk perlatan memasak, kulkas yang sesuai dengan ukuran ruang bawah tangga, dapat juga sebagai rak atau lemari penyimpanan bahan makanan kering. Tangga dekat dengan area makan dapat digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan sebagai rak atau lemari hias untuk set peralatan makan. Kecuali pada area ruang tamu maka tangga rumah dapat dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan barang serbaguna. Dapat digunakan sebagai rak atau lemari sepatu, sebagai lemari pakaian, lemari pernak-pernik pakaian, atau untuk menyimpan pakaian harian yang paling sering digunakan. Menggunakannya sebagai ruang menyimpan peralatan olahraga juga dapat menjadi pilihan bagus.

Jika tak memiliki minat dalam olahraga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan perlengkapan dan peralatan untuk hobi diwaktu sengga. Menjadikan ruang bawah tangga sebagai tempat menghabiskan waktu dengan hobi yang dimiliki juga menjadi pilihan yang patut dicoba. Sebagai seseorang yang hobi membaca kita dapat meletakkan sofa kecil, kursi tunggal atau banggu sesuai panjang ruang bawah tangga sebagai area membaca. Pada area bawah tangga yang lebih pendek dapat digunakan sebagai lemari buku atau letakkan meja baca kecil. Selain hobi area bawah tangga juga dapat menjadi ruang produktif. Letakkan meja, lampu, kursi belajar atau kerja dengan mengaturnya pada posisi yang paling sesuai dan nyaman. Apabila memungkinkan letakan laci kecil sebagai tempat penyimpanan perlatan belajar atau bekerja.

Bagi pemilik hewan peliharaan ruang bawah tangga juga dapat menjadi rumah untuk hewan peliharaan. Dengan menyesuaikan tempat dan membuatkan pintu khusus untuk keluar masuk hewan kita dapat menata tempat khusus hewan peliharaan menjadi lebih rapi. Kebutuhan untuk hewan peliharaan juga dapat kita simpan dengan rapi pada satu ruang yang sama. Meski umumnya luas ruang bawah tangga termasuk kecil atau sempit, memaksimalkannya selain sebagai area peyimpanan juga dapat dilakukan. Menempatkan kamar mandi kecil dibawah tangga dapat menjadi salah satu pilihan. Meskipun berukuran sempit namun kamar mandi tunggal setidaknya dapat memanfaatkan tinggi ruang bawah tangga. Meletakkan mesin cuci pada ruang bawah tangga juga dapat menjadi pilihan cerdas, agar tampilan lebih rapi tambahkan pintu untuk menyembunyikan mesin cuci. Apabila memungkinan buat dua atau tiga tingkat rak diatas atau disamping mesin cuci untuk memudahkan akses.

Ketika tangga berada dekat denga ruang keluarga atau tamu maksimalkan sebagai rak hias atau menjadi sudut galeri foto atau ornament favorit. Ruang bawah tangga dapat menjadi markas atau ruang bermain anak, tata dengan menarik dengan konsep yang disukai anak-anak. Tempatkan mainan kesuakaan anak-anak dan gunakan karpet empuk dan lembut untuk ruang bermain. Dapat pula menjadi ruang santi untuk menonton televisi atau film, fungsikan backdrop televisi di ruang bawah tangga dan letakkan sofa atau kursi di sisi lainnya. Dengan ini ruang bawah tangga dapat membantu menciptakkan kesan rapi dan menarik jika dilihat dari ruang tamu. Memiliki ketertarikan dengan patung maka ruang bawah tangga dapat menajadi galeri patung mini untuk mempercantik ruangan. Berkeinginan menghidupkan suasana nyaman melalui taman mini dalam rumah juga dapat diwujudkan dengan memaksimalkan ruang bawah tangga.

Agar lebih mudah pilih jenis taman kering yang perawatannya cukup mudah. Gunakan batuan alam hias bewarna putih atau abu-abu pada dasar lantai ruang bawah tangga yang telah disesuaikan. Letakkan jenis tanaman berdaun yang dapat di letakkan dalam rumah pada pot tanaman dan letakkan diantara bebatuan. Tambahkan lampu warna kuning pada bawah tangga atau sudut ruang bawah tangga untuk menciptakan kesan lembut. Bentuk taman kering tersebut lebih mudah untuk dirawat, dan tak perlu khawatir dengan kelembapan ruang. Ruang bawah tangga dekat dengan jendela atau mendaptkan sumber cahaya alami dan memiliki sirkulasi udara yang baik dapat memudahkan kita menciptakan taman dalam rumah. Buat lantai ruang bawah tangga berbeda dengan lantai lainnya untuk meletakkan tanah atau pondasi untuk taman.

Tergantung dengan bentuk tangga, kita dapat memiliih pohon atau tanaman berdaun dan berbunga untuk menghias taman. Gunakan pot tanaman atau tanam secara lagsung pada tanah, pastikan posisi tanaman yang paling banyak membutuhkan cahaya dekat dengan sumber cahaya. Namun baikknya tetap pilih tanaman yang umumny memang aling cocok digunakan pada dalam ruangan. Tanaman bernafas seperli layaknya manusia, ketiga pagi hari menghasilkan oksigen maka malam hari menghasilkan karbon dioksida. Apabila jumlah tanaman cukup banyak pastikan terdapat akses sirkulasi udara yang baik, agar malam hari manusia dan tanaman tidak perlu saling berebut oksigen. Dengan ini udara pada ruangan juga tetap bersih, sehat dan sejuk.


Leave a Comment