logo-mini

SETTING UNTUK KEINDAHAN DENGAN TAMAN KERING

Share

SETTING UNTUK KEINDAHAN DENGAN TAMAN KERING

Mendesain taman untuk area depan rumah menjadi idaman banyak orang. Dapat memberikan tampilan sejuk, membantu mengimbangi suhu sekitar area rumah yang dekat taman. Taman sekitar rumah juga dapat menjadi tempat menenangkan diri dikala penat. Ketika membangun sebuah taman memang diperlukan konsistensi dalam merawat tanaman, terutama jika tanaman tertentu yang memang perlu dirawat secara khusus. Merawat taman memang memerlukan perhatian lebih jika ingin kondisi taman tetap konsisten sesuai desain awal.

Pembuatan taman basah yang menggunakan tanaman hidup diperlukan persiapan dan perhitungan yang lebih detail, karena berkaitan dengan sumber dan wadah resapan air alias kondisi tanah atau bidang yang digunakan untuk tanaman hidup. Jika kamu bukan tipe yang rajin merawat tanaman hidup namun ingin memiliki taman di sekitar area rumah, pilihan tipe taman kering dan menjadi referensi baru. Meskipun disebut taman kering namun kamu tetap dapat menggunakan jenis tanaman hidup yang mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak air.

Tipe taman kering merupakan tipe taman yang dibuat dengan membuat sedikit mungkin penggunaan air pada taman, lebih memanfaatkan jenis tanaman yang cocok tumbuh pada tanah kering atau yang memerlukan sedikit air. Paduan serasi taman kering biasanya menggunakan batu-batu kerikil warna putih atau warna alami batu. Jenis tanaman keluarga kaktus sangat cocok menjadi tanaman utama pada taman kering. Perawatan taman kering juga jauh lebih mudah, ukurannya juga dapat dibuat mini tanpa perlu takut pertumbuhan tanaman terganggu. Taman kering juga sangat cocok dan aman digunakan pada dalam ruamah.

Taman Kering Vertikal
Taman vertikal pas dipilih untuk area rumah dengan space terbatas, bisa kamu gunakan untuk area luar atau dalam rumah. Pilih jenis tanaman yang dapat tumbuh vertikal atau ditata rapi secara vertikal. Tempatakan ubin batu alami, atau ubin dengan tekstur bebatuan kecil sebagai alas utama taman. Taman tipe ini akan lebih cantic kamu gunakan pada area pintu masuk jika memiliki dinding disekitar pintu masuk. Akan memberikan tampilan seperti lorong taman menuju pintu utama.

Taman Kering Jalan Setapak
Jika memiliki area latar depan atau belakang rumah yang cukup panjang atau sedang dapat kamu percantik dengan menantanya seperti jalan setapak yang rapi dengan kerikil-kerikil kecil, atau ubin dengan tekstur batu alaman. Tempatkan beberpa tanaman kaktus atau jenis tanaman tanah kering dibeberapa titik untuk kesan minimalis. Jika ingin jalan setapak yang rimbun tempatkan tanaman berjajar rapi dengan paduan bunga artifisial dengan warna cerah sebagai pont of view diantara tanaman kering yang cenderung bewarna hijau.

Zen Garden
Jenis taman satu ini erat bernuansa dengan Negeri Jepang, dengan tampilan khasnya menggunakan pasir kering sebagai penutup atau pengganti tanah dan tetap dipadukan dengan bebatuan kecil. Warna pasir atau bebatuan cenderung warna netral agar tidak tertutup dengan warna tanaman dan dapat lebih menonjol. Kamu dapat membuat gundukan menyerupai bukit kecil atau air mancur kecil yang menghasilkan suara gemerecik menenangkan. Pasir, kerikil, air menjadi komponen yang sering dan cenderung pasti ada pada taman model Zen ala Jepang. Meski tipe taman ini dapat dipadukan dengan taman basah namun masih dapat dikondisikan pada area dalam rumah.

Perhatikan beberapa hal berikut
Meskipun menggunakan tipe tanaman yang membutuhkan sedikit air tetap perlu diperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan pada lokasi taman. Tanaman untuk taman kering memang tidak membutuhkan banyak air, namun membutuhkan cukup sinar matahari dan tidak ditempatkan pada tempat lembab. Jika lokasi cenderung lembab tanaman akan lebih mudah membusuk dan batu kerikil yang digunakan mudah berlumut.

Jenis tanaman yang dipilih bergantung pada lokasi indoor atau outdoor yang akan digunakan. Pada area indoor tanaman akan membutuhkan asupan sinar matahari yang lebih banyak berkaita dengan pentingnya sirkulasi cahaya. Tanaman jenis lilis paris dan macam-macam jenis sansevieria dapat menjadi pilihan. Sedangkan untuk area outdoor atau semi-outdoor tanaman yang kuat terhadap sinar matahari menjadi referensi utama. Seperti jenis tanaman keluarga kaktus, keluarga tanaman palem seperti palem sikas dan tanaman idah mertua.

Taman kering sebisa mungkin menggunakan alas yang tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Pada area luar ruangan biasanya tanah terlebih dahulu ditutup atau diratakan dengan semen atau ubin kusu luar ruangan. Namun kamu dapat juga menggunakan ijuk atau pasir yang benar-benar kering dengan kedalaman 5 cm. jika tanaman taman kering yang kamu pilih langsung ditanaman pada tanah, media pasir dan ijuk dapat sebagai media drainase. Hal ini juga tetap dapat berlaku pada alas semen taman kering, setidaknya sisa air dari pot-pot tanaman taman kering dapat diserap oleh ijuk dan pasir.


Leave a Comment