logo-mini

CAT MELAMIN

Share

CAT MELAMIN

Memang dalam dunia furniture bahan finishing menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan oleh si pemmbuat furniture itu sendiri, hal itu dikarenakan komponen yang dapat mempengaruhi kualitas dari furniture itu sendiri, dimulai dari segi penampilan dan bahkan ketahanan furniture tersebut. Salah satau contoh bahan finishing yang sudah biasa digunakan adalah cat melamin.

Cat melamin sendiri merupakan cat finishing yang sifatnya transparan, dan untuk hasilnya sendiri cat melamin ini tidak jauh dengan dengan hasil ketika kita menggunakan pernis sebagai finishing terhadap furniture berbahan kayu, yaitu memberikan efek glossy sehingga furniture yang dilapisi dengan bahan tersebut akan tampak mewah.

Secara garis besar untuk material dari prosuk cat melamin dan pernis hampir dikategorikan sama, hal yang menjadi pembeda hanya perkembangan dalam teknologi dimana untuk pernis sendiri yang dulunya menggunakan pelarut solvent sekarang ada yang menggantikannya dengan air.

Akan tetapi cat melamin ini sangat tidak cocok digunakan terhadap furniture yang akan ditempatkan luar ruangan, hal ini dikarenakan cat melamin sangat rentan terhadap paparan sinar matahari secara langsung sehingga dampak yang didapat adalah warna transparan tersebut akan menguning bahakan bisa juga mengalami keretakan, terlebih lagi finishing dengan cat melamin tidak tahan akan goresan benda tajam


Leave a Comment