logo-mini

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN BAMBU

Share

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN BAMBU

Untuk masyarakat Indonesia sendiri siapa yang tidak tau atau kenal dengan tanaman bambu, hal itu dikarenakan tanaman bamu ini masih sangat mudah untuk ditemui, oleh karena itu tanman yang digemari dengan hewan panda ini sudah tidak asing di lingkungan masyarakat Indonesia. Bahkan di Indonesia pun juga bisa dikatakan sebagi tanaman yang membawa keberuntungan, bagaimana tidak hal itu dikarenakan penggunaan bambu di Indonesia sendiri sangat beragam, dimulai dari dijadikan sebagai bahan kontruksi bangun, kerajinan tangan bahkan furniture sekalipun.

Untuk sebagai kategori katanaman bambu ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dalam proses pertumbuhannya, dikarenakan hal ini bambu ini memiliki ronga dan ruas di bagian batangnya, terlebih lagi jika penempatan untuk menanam bambu ini pas dengan tanahnya maka bisa tumbuh sampai dengan 60cm dalam 24 jam. Tidak hanya itu setelah dipanen pun tumbuhan bambu ini sangat mudah untuk tumbuh.

Tumbuhan bambu ini sangat mudah beradaptasi dengan cuaca, dikarenakan tanaman bambu ini bsa bertahan bahkan tumbuh dengan iklim yang berbeda, mulai dari iklim panas, dingin, bahkan terdapat beberapa jenis bambu yang mampu tumbuh dan bertahan di suhu -30 derajat celcius.

Keunggulan tanaman bambu tidak berhenti disitu saja, bisa dikatakan tanaman bambu juga baik untuk lingkunan, dikarenakan bambu dapat merehabilitasi tanah lantaran bambu dapat menyimpan cadangan air sebesar 5.000 dan ditambah penyerapan terhadap karbondioksida bisa mencapai sebesar 50 ton dalam 1 hektar. Sehingga tanaman bambu dapat mejaga keasrian lingkungan sekitar.

  1. Bambu dijadikan sebagai bahan arsitektur

Di zaman modern sekarang banyak beberap tempat yang menggunakan tanaman bambu sebagai konsep dalam membangun suatu tempat, salah satunya membangun café dengan konsep dengan suasana asri dengan pengunaan kayu sebagai bahan utamanya

  1. Sebagai kerajinan

Seperti di pasar yang sering kita temui tanaman bambu biasanya dijadikan sebagai anyaman, sepertihalnya keranjang ayam, partisi ruangan, tempat duduk, meja, dipan bahkan dijadikan sedotan, angklung dan pajangan sekalipun.


Leave a Comment