logo-mini

Cara Membersihkan Cookerhood

Share

Cara Membersihkan Cookerhood

Adanya alat  seperti cerobong asap atau populer disebut cookerhood ini terbilang cukup penting di area dapur. karena, cookerhood bertugas menghisap asap selama proses memasak, sehingga dapur tidak terasa pengap dan bebas bau selama pemasangan dan penempatannya benar di kitchen set.

                       Karena fungsinya sebagai penyedot asap, uap air, debu dan kotoran lainnya, maka filter cookerhood pun rentan kotor. Debu dan kotoran yang melekat pada filter mempengaruhi daya sedot alat tersebut. Maka agar tetap berfungsi dengan baik, cookerhood perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkan cookerhood cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. Berikut cara membersihkan cookerhood

  1. Pertama, lepaskan penutup bagian bawah cookerhood dan perlu diingat bahwa beda merk dan tipe cookerhood beda juga bentuk filternya. Kemudian buka penjepit filter kawat yang melekat pada bagian dalam penutup cookerhood.
  2. Cuci bersih penutup cookerhood menggunakan larutan detergen. Gosok menggunakan spon atau sikat berbulu halus hingga debu dan kotorannya hilang. Lalu bilas dengan sabun hingga bersih.
  3. Setelah penutup cookerhood sudah kering, lepas dengan hati-hati filter karbon yang terletak di bagian atas cookerhood. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel di filter menggunakan kuas kering atau bisa juga disemprot dengan mesin kompresor.
  4. Langkah yang sama diterapkan pada kipas penghisap yang ada di badan cookerhood. Anda bisa menggunakan kuas kering atau sikat berbulu halus dan dilap dengan kain kering.
  5. Terakhir, setelah semuan komponen bersih dan kering, pasang kembali filter dan penutup cookerhood seperti semula.

 


Leave a Comment